Desa Nglegi ikuti FGD SID bersama UGM YK

Suroyo, S.Sos.I 02 Oktober 2017 13:01:45 WIB

Nglegi (Sida Samekta). Pemerintah Desa Nglegi Kecamatan Patuk Gunungkidul mengikuti FGD (Focus Group Discussion) dengan tema "Implementasi Desa Digital dan Transformasi Budaya Teknologi Masyarakat Pedesaan" yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Study Kebudayaan UGM Yogyakarta pada hari Sabtu 30/09/2017.

FGD diselenggarakan di Hotel Cakra Kusuma, jln. Kaliurang KM 5,4 Sleman Yogjakarta ini dibuka oleh kepala pusat studi kebudayaan, Dr. Aprinus Salam M.Hum dan hadir beberapa desa yang berdasarkan kajian dan penelitian adalah desa desa yang telah mengimplementasikan SID sebagai acuan kebijakan pemerintah desa sesuai dengan potensi dan budaya desa tersebut, diantaranya desa Nglegi Patuk Gunungkidul, desa Murtigading Bantul, desa Banjaroyo, Kulonprogo, desa Panggungharjo, Bantul, desa Nglanggeran, Gunungkidul dan desa Terong serta satu desa dari luar Yogjakarta adalah desa Pejambon, Kecamatan Sumberrejo kab Bojonegoro, Jawa Timur.

Hadir pada FGD beberapa Narasumber, diantaranya Direktur IRE Jogjakarta Sunaji Zamroni, Fathul Amin Dosen TIK UII Yogyakarta, Elanto Wijoyono, CRI Yogyakarta dan Sutoro Eko, Dosen APMD Yogyakarta

Ketua penelitian, Dr. Tya Pamungkas pada saat pembukaan acara mengatakan, FGD ini diselenggarakan untuk penguatan kajian tentang implementasi SID sekaligus menyampaikan hasil penelitian kepada para stakeholders dan kepada desa  yang terlibat. Desa Nglegi Patuk Gunungkidul adalah desa yang telah mampu mengimplementasikan SID pertama kali di Kabupaten Gunungkidul sejak tahun 2010, imbuhnya. beliau menambahkan, bahwa dengan SID (SIda Samekta), Desa Nglegi mampu menerapkan perubahan budaya tradisional dalam proses pengambilan kebijakan desa berubah menjadi budaya digital (berbasis teknologi), tetapi tetap menerapkan budaya lokal, yaitu adanya proses musyawarah untuk mengumpulkan ide, gagasan dan pendapat warga dengan tatap muka, rembug warga, musdus, musdes dan lainnya.

Senada disampaikan Kepala Desa Nglegi, Aripin, S.IP di waktu yang berbeda, “Nglegi adalah yang pertama menggunakan SID (Sida Samekta, red) di wilayah Gunungkidul, maka bagi desa desa lain silahkan menjadi yang terbaik, karena itu pilihan, kalau yang pertama tidak akan tergantikan, tetapi belum tentu menjadi yang terbaik, tegas beliau kemarin di ruang kerjanya.

Oya, selamat dan sukses untuk Kepala Desa Nglegi, telah wisuda sarjana di STISIP Fisipol “Kartika Bangsa YK”, Sabtu/ 30 September 2017 dengan gelar S.IP (sarjana Ilmu Pemerintahan), ARIPIN, S.IP. karena FGD bareng waktunya dengan prosesi wisuda, sehingga beliau mewakilkan sekretaris desa Nglegi, Kuncoro Kresna, A.Md untuk menghadiri FGD. Semoga ilmunya bermanfaat dan barokah bagi diri, keluarga dan masyarakat luas, red.

Setelah   sambutan selesai acara dilanjutkan dengan paparan dari para narasumber sampai Isoma pukul 12.45 wib,  yang kemudian FGD di teruskan dengan diskusi kelas menjadi dua kelompok diantaranya kelompok SID dan Kelompok Bumdesa. (Yoyo)

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Data Kebudayaan Desa Nglegi

1. Rosulan, Nyadran, dan Ritus Pangan
     
NO

          

NAMA KEGIATAN

 

 WAKTU PELAKSANAAN

 KET

1 Rasul Desa Nglegi Senin, 19 Agustus 2019 -

Radio Persatuan Nglegi (PERSEGI)

Aparatur Pemerintah Desa Nglegi

            PERANGKAT DESA NGLEGI
     
NO

          

NAMA

 

 JABATAN

1 WAGIMAN, S.IP Kepala Desa
2 KUNCORO KRESNO, S.Kom Sekretaris Desa
3 SURADI Seksi Pemerintahan
4 SUROYO, S.Sos.I Seksi Pelayanan
5 SUDIYONO Seksi Kesejahteraan
6 ANA RACHMATUN Kaur Keuangan
7 ARIF JUNAIDI ARSONO Kaur Perencanaan
8 RADIYO Kaur Tata Usaha dan Umum
9 KARNOTO Staf
10 CIPTO YUWONO, S.IP Staf
11 SUPARTONO Staf
12 AYUS GUNTORO Dukuh Klepu
13 TRI SUHARTANTA Dukuh Trukan
14 SUGIMAN Dukuh Nglegi
15 TRI KARYADI Dukuh Nglampar
16 TUKARJO Dukuh Kembang
17 WARTONO Dukuh Gedoro
18 WIDODO Dukuh Padangan
19 MURYANTO Dukuh Glagah
20 ANA RACHMATUN, A.Md Plt. Dukuh Karang

Lokasi Nglegi

tampilkan dalam peta lebih besar